News

Post updates on the status of your app

Rian Johnson, Menulis Naskah “Star Wars: The Last Jedi” Dari MacBook Antisosial

Penulis naskah sekaligus sutradara film Star Wars  The Last Jedi, Rian Johnson mempercayakan MacBook Air besutan Apple sebagai perangkat sekaligus satu-satunya teman saat ia menulis naskah. Seluruh naskah film tersebut ditulis dari laptop Apple tersebut.

MacBook Air milik ini Rian bisa disebut laptop yang anti-sosial dan introvert karena ia tidak berkomunikasi dengan sesama laptop atau gadget lainnya di internet. Dan menurut Rian, langkah ini dilakukan agar naskah yang sudah susah payah dibuatnya tidak dicuri orang. Karena  belakangan ini, pencurian data rentan terjadi ketika perangkat terhubung oleh internet.

MacBook Air milik Ryan sekaligus menjadi “brankas” tempatnya menyembunyikan skenario Film fenomenal tersebut. Bahkan Rian berkisah bahwa proses penulisan naskah film tersebut berlangsung sangat panjang. Dan bahkan saat menulis, ia menerapkan “air-grapped”, julukan sebuah komputer yang tidak pernah terhubung dengan internet, untuk MacBook-nya.

“Saya selalu membawa MacBook Air saya kemanapun saya pergi dan hanya mengeluarkannya ketika akan mengerjakan naskah. Saya menyimpannya di dalam Studio Pinewood,” ujar Rian.

Bahkan perilaku Rian yang overprotektif pada perangkat miliknya sempat membuat para produser cemas. Sebab jika membawa laptop kemanapun, risiko Rian meninggalkan laptopnya di tempat lain semakin besar.

“Saya rasa para produser takut kalau nanti saya meninggalkan MacBook Air saya di kedai kopi,” tambah Rian. Bahkan setelah penulisan naskah selesai, Rian mengaku masih ingin menggunakan perangkat MacBook Air miliknya untuk menulis naskah film lain

Leave a Reply

Scroll to top