News

Post updates on the status of your app

Ini Strategi Dirjen Pajak Setor Rp 1.423,9 Triliun ke APBN 2018

Penerimaan pajak sepanjang 2017 tercatat mencapai Rp 1.151,10 triliun atau 89,68 persen dari total target penerimaan pajak dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017 yang sebesar Rp 1.283,6 triliun.

Tahun depan, target penerimaan pajak dikerek menjadi Rp Rp 1.423,9 triliun atau tumbuh 9,3 persen dari targetnya dalam APBN-P tahun 2017.

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan  Robert Pakpahan mengaku tidak mempunyai cara khusus dalam mengejar target pajak di tahun 2018. Dirinya mengaku masih akan melakukan cara yang sama seperti di tahun 2017.

“Kita lakukan cara lama seperti pelayanan perpajakan, memberikan kemudahan membayar dan memudahkan penyampaian laporan pajak seperti biasanya. Kami juga tetap melakukan penegakan hukum, semuanya itu rutin dan tetap akan dilakikan sesuai mandat,” kata Robert saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (5/1).

Kendati masih akan melakukan upaya yang sama seperti tahun sebelumnya, Robert berjanji akan tetap bekerja secara maksimal. Pihaknya akan meningkatkan kualitas setiap lini perpajakan.

“Di luar kegiatan rutin, reformasi perpajakan dengan menampung banyak inisiatif program dari semua pihak. Untuk meningkatkan kualitas perpajakan maka sudah pernah saya sampaikan, pilarnya ada 5 seperti perbaikan SDM, perbaikan organisasi dari kantor pajak pusat dan kanwil, perbaikan kinerja, perbaikan bisnis, perbaikan teknologi informasi dan perbaikan aturan,” jelas dia.

Perihal masalah teknologi, lanjut Robet, pihaknya akan meningkatkan kualitas sistem yang digunakan saat ini. Harapannya tentu akan mendorong peningkatan pelayanan kepada wajib pajak (WP) dan data-data perpajakan.

“Jadi dua langkah yang rutin akan kita kerjakan sebagaimana mestinya dan pilar lainnya adalah reformasi perpajakan seperti kerjasama dengan direktorat jenderal bea dan cukai (DJBC),” tandasnya.

Sumber: jawapos.com

Leave a Reply

Scroll to top